Inilah Kunci Sukses Belajar Internet Marketing, Yang Harus Anda Ketahui..! -->

Iklan Semua Halaman

Iklan

Inilah Kunci Sukses Belajar Internet Marketing, Yang Harus Anda Ketahui..!

MediaNews
Sabtu, 15 Juni 2019
Internet Marketing yang biasa kita tahu adalah mempromosikan produk melalui internet atau bisa disebut jual beli online or endorse. Banyak sekali sekarang ini perusahaan yang bergerak dibidang Digital, terutama perusahaan Marketplace tumbuh pesat di indonesia, ada Bukalapak, Blibli, Lazada, Shopie, Sorabel, OLX, dan lainnya. Nah, perusaahn marketplace tersbeut tidak lepas dari proses Internet Marketing, karena sudah jelas perusahaan ini bergerak dalam bidang olshop.


Namun bagi anda yang sebelumnya belum tahu apa itu Internet Marketing dengan membaca narasi diatas saya kira sudah dapat gambarannya, namun apakah anda tahu bagimana tehnik Interne Marketing ? dan alasan kenapa anda harus belajar Internet Marketing sejak dini ?

Banyak sekali alasan kenapa kita harus belajar Internet Marketing sejak dini, maka dari itu dalam kesempatan kali ini saya akan berikan penjelasannya sampai kata-kata saya habis.

1. Cara Transaksi Jual Beli Berubah

Seiring berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi yang diciptakan manusia maka secara dinamis perubahan perilaku manusia ikut berubah, terutama dari segi jual beli. Maka tidak heran sekarang ini banyak muncul perusahaan yang menawarkan jasanya melalui media online/internet. Baik dari transaksi jual beli maupun dalam penggunaan jasa. Contoh jual beli adalah perusaahaan market place yang saya sebutkan di atas dan untuk bidang jasa ada yang namanya Ojek online (Gojek), Grab, JNE, TIKI, bahkan POS Indonesiapun bergerak juga dalam bidang online, Bayar listrik dan banyak lagi yang lannya. Maka dari itu kita harus menerima dengan baik kemajuan teknologi dan dapat menggunakan teknologi sebaik-baiknya.

2. Sifat Manusia Yang Ingin di Layani Dan Ingin Instan

Jujur saja, kalau anda dilayani bagaikan raja bagimana? pasti mau kan. Nah, begitu juga dengan berkembangnya teknologi, kita selaku manusia lebih suka dengan cara-cara cepat dan mudah. Maka tidak heran, yang dulunya malas untuk belanja karena tempat jauh, dan sekarang ada marketplace maka kita lebih suka membeli produk di marketplace bahkan sampai makanan dan minuman juga ada. Maka dari itulah perusahaan menciptakan trobosan-trobosan dalam bidang teknologi guna memberikan pelayanan yang memuaskan kepada costumernya.

Sifat yang satu ini menurut saya cukup dominan dikalangan masyarakat, maka tidak heran mie isntan laku keras dipasaran hehe?. Jadi manusia itu suka instan, dia gak harus lama nunggu dan tidak mau ribet. Maka manusia akan memilih perusahaan yang cepat tanggap. Contoh: Kalau kita pesen makan, karena perut lapar pasti kita akan memilih toko online yang mmeberikan pelayanan super cepat terutama dibidang Food ini.

Nah, itulah 2 alasan kenapa kita harus belajar Internet Marketing sejak dini karena tidak bisa dipungkiri perkembangan zaman akan semakin melesat dan lebih canggih lagi, mungkin nanti akan ada makanan yang bisa muncul mendadak di hadapan, bisa tengok film doraemon maka dari itu anda harus belajar tehnik Internet Marketing ini. 

Dan sekarang akan saya jelaskan beberapa tehnik Kunci Sukses Internet Marketing yang bisa anda praktekkan, yaitu:

1. Gak Boleh gakptek

Gaptek bukan sebuah alasan, karena tehnologi semakin canggih dan cara mendapatkan informasi sekarang ini sudah sangat mudah sekali. Dengan kita buka Internet dan seraching saja udah muncul berjuta-juta Informasi tinggal dipilih saja sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Agar anda dapat menguasai tehnik Internet Marketing sebaiknya banyak membaca, belajar dan praktek. Deangan 3 langkah tersebut maka anda dapat menemukan titik kelemahan, kekuatan dan keuntungan. Kalau anda tidak melakukan 3 hal tersebut maka akan susah mengetahui titik kelemahan mana yang harus di perbaiki. 

2. Rutin membaca Refrensi / Berita Update / Belajar SEO / Belajar Nulis

Dengan anda ruitn membaca/mencari referensi baru maka anda akan mudah mendapatkan produk apa yang lagi banyak di buru mayarakat. Produk apa yang lagi viral di pasaran atau anda membuat produk itu viral. Anda dapat memanfaatkan Google Rends sebagai bahan acuan anda meilhat produk apa yang lagi ramai dibicarakan atau produk apa yang lagi ramai diburu masyarakat. Anda juga harus belajar memaksimalkan mesin pencari SEO, untuk perihal SEO asnda bisa belajar dan membaca artikelnya Panduanim.com disana banyak artikel yang mengupas perihal tehnik SEO Marketing, dan kalian bisa lebih pandai membidik keywords sesuai dengan apa yang lagi banyak diburu masyarakat dan seberapa tinngi persaingan di mesin pencari di Panduanim juga sudah di paparkan di dalam artikelnya. 

Selain hal itu, anda juga harus belajar menulis dan membuat tulisan yang menarik, padat dan jelas agar para cotumer anda dapat memahami dan tertarik dengan narasi produk yang anda tulis tersebut.

3. Gunakan Sosmed dalam Promosi Produk

Sosial media seperti facebook, Instagram adalah sosial media yang paling banyak digunakan oleh masyarakat terutama di Indonesia. Maka tidak heran banyak sekali iklan ataupun promosi produk yang sering kita jumpai di sosmed tersebut. 

4. Gunakan Jasa Iklan Premium (Adsense) atau Google Ads, Facebook Ads bahkan Instagram Ads dan Youtube.

Dengan anda menggunakan jasa sosmed dalam mengiklanan produk anda secara berbayar maka akan lebih cepat tersebar di masyarakat, bahkan anda dapat dengan mudah menentukan target pasar, baik dari segi jenis kelamin, usia, wilayah bahkan sampai berapa ribu orang yang akan melihat produk anda. Anda tinggal mensetting di pengaturan sesuai dengan ketentuan perusahaan. Anda juga bisa mmebuat channel khusus di Media youtube dan mengupload vedio yang berisi promosi produk anda.

5. Desain Produk dan Narasi produk Menarik

Dalam promosi produk melalui Internet Marketing, anda harus menyajikan berupa poster/desain produk yang menarik serta narasi juga mengandung kata-kata yang menonjolkan produk anda itu layak untuk dicoba, layak untuk dibeli oleh mereka, walaupun mereka idak membutuhkannya. Karena mayoritas masyarakat beli suatu produk itu bisa karena tergoda oleh tampilan poster dan juga narasi, walaupun sebenrnya mereka tidak membutuhkannya.

6. Tingkatkan Pelayanan Online

Demi memberikan pelayanan sebaiknya anda menetukan jam online, kalau anda sanggup online 24 jam syukur-syukur, namun kalau tidak, ya berikan jam online anda di mata publik, seperti mencantumkan deskripsi jam buka ataupun tutup dadakan. Sera lebih bagus lagi anda mempunyai karyawan yang siap membantu anda dalam melayani costumer anda jadi tidak hanya terpaku pada anda saja.

7. Buat Akun sosmed khusus Bisnis dan juga website (Buat Aplikasi Olshop)

Bagi anda yang belum jago IT atau belum cukup modal membangun sebuah website, anda bisa menggunakan sosial media terlebih dahulu untuk memfungsikan sebagai toko online anda. Di Isntagram dan facebook sudah tersedia untuk akun bisnis, anda bisa membuatnya disitu. Dengan akun bisnis maka usaha anda akan lebih profesional dan memudahkan pengunjung/costumner menemukan produk anda. Bagi anda yang memiliki cukup modal untuk membangun website ada baiknya bisa di bangun website, karena dengan adanya website menjadikan usaha anda lebih profesional lagi di bandingkan cuma menggunakan akun sosmed saja. Syukur-syukur kalau bisa buat aplikasi Android khusus Toko online anda.

8. Sesekali Berikan Kejuan (giveaway) bagi costumer setia anda atau untuk pengguna sosmed yang lainnya.

Tehnik ini lumayan jitu dalam menggait costumer baru dan juga sebagai media promosi yang sangat jitu. Dimana anda dapat menyelenggarakan kompetisi bagi costumer sesuai dengan keentuan yang sudah anda tetapkan.

9. Endorse

Suadah terbukti dan marak sekali layanan iklan melalui endorse ini. Anda bisa melakukan endorse dengan memilih kriteria Pengendorse yang menurut anda berkompeten, seperti selebitis, artis, Youtuber dan bahkan balita sekalipun. Sebelum menyewa jasa endorse alangkah baiknya anda lihat rating seseorang tersebut, baik dari berapa banyak pengikut di akun sosmed pribadinya sampai dengan seberapa tenarnya dia di mata masyakat luas.

10. Perbanyak Komunitas/sharing di online dan Offline

Banyak anak-banyak rezeki, namun sekarang adalah banyak teman banyak rezeki. Dengan anda bergabung di komunitas baik komunitas bisnis ataupun sosial masyarakat, maka akan lebih memudahakan anda mencari relasi baru dan mudah juga mempromosikan produk anda baik secara online ataupun online. Kebanyakan besar melalui rekomendasi teman-teman komunitas anda membuat produk yang anda punya lebih dipercayai dan juga mudah laku dipasaran.

11. Sediakan Email khusus bisnis dan juga No HP khusus

Dengan adanya email khsusus untuk bisnis, sykur-syukur kalau anda sanggup beli Email yang premium, namun kalau tidak sanggup anda bisa menggunakan email yang gratisan seperti di yahoo, ataupun gmail, dengan email tersebut maka akan memudahkan bisnis anda dan perihal pesanan ataupun info yang masuk ke email tersebut tidak ada tercamur dengan kepentingan pribadi hal tersebut dapat menjadikan anda lebih fokus. Serta No HP juga diusahakan ada khsusus hal tersebut bertujuan untuk memudahkan nantinya costumer menghubungi toko anda.

Nah, itulah 2 alasan dan 11 tehnik dalam belajar Internet Marketing sesuai dengan perkembangan zaman. Semoga pembahasannya dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi teman-teman semuanya. Selamat belajar dan mempraktekkannya, semoga berhasil dan suksess. Apabila artikel ini bermanfaat, saya persilahkan buat teman-teman untuk menyebarluaskan. Salam Suksess enterpreneur.